Wi Drive – Cloud versi Terbatas

Penyimpanan data file secara cloud pada saat ini memang lagi marak dijumpai, berbagai situs penyedia penyimpanan data cloud juga semakin mudah. Tapi untuk kita yang di Indonesia yang dimana koneksi Internet yang didapat tidak selalu bagus, solusi penyimpanan secara cloud terutama data besar akan sangat sulit diterapkan. Proses pengambilan dan penyimpanan data menggunakan data file akan sangat bergantung pada koneksi jaringan internet. Apabila tidak terdapat koneksi jaringan internet yang bagus maka proses penyimpanan maupun penarikan data akan terganggu.

Memang didalam dunia kerja data yang kebanyakan penting merupakan data yang berbentuk Doc, powerpoint maupun excel, yang besar datanya pun tidak terlalu besar. Tapi bisa dimungkinkan data dari file tersebut besar apabila memuat banyak gambar dengan resolusi tinggi.

Nah beberapa waktu ini aku menjumpai gadget unik dari kingstone *tidak promosi. Wi Drive, semacam media penyimpanan dengan prinsip cloud yang dapat digunakan hingga 3 gadget.

image

Teknologi yang digunakan sebagai media transportasi data adalah wireless. Sangat begitu praktis untuk digunakan apabila kita menggunakan lebih dari 1 laptop / komputer dalam proses kerja kita. Tapi sayangnya ada beberapa hal yang menurutku kurang, misalĀ :

  1. Tidak adanya port untuk external memory, eksternal memory mungkinpenting untuk lebih meningkatkan kapasitas dari penyimpanan dan kepraktisan dalam penggunaan. Mungkin saja dalam proses yang berjalan dalam gadget ini, pengaksesan memory nya berbeda dengan proses pada alat lain.
  2. Dapat dikoneksikan ke dalam jaringan internet. Dalam pemikiranku sih, apabila gadget ini dapat dikoneksikan pada jaringan internet sehingga dapat menciptakan online storage private akna sangat begitu hebat,
  3. Harga gadget ini masih lumayan mahal :D. Mungkin harganya tidak terlalu mahal dibandingkan teknologi yang digunakan :P, tapi untuk kantongku dan tingkat urgency dari gadget ini masih pikir 2 kali untuk membelinya
Categories: Pendapat | Leave a comment

Post navigation

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.